Inti Teknik Kimia

Mulai hari ini sepertinya blog ini sudah akan tahu kemana arahnya, disaat semua blog berisi tulisan-tulisan yang menginspirasi, satu label blog ini digunakan untuk tulisan yang berisi mengenai dunia Teknik Kimia. Harapannya, semoga yang memiliki kesulitan belajar dan ingin menambah pemahaman, terutama bidang Teknik Kimia, setelah membaca tulisan-tulisan di blog ini dapat membantu pemahaman.
Setelah saya mengarungi delapan semester program sarjana ditambah dua semester program master, terdapat beberapa subjek yang bisa digolongkan sebagai subjek inti pada Teknik Kimia. Termodinamika, Proses Perpindahan, Teknik Reaksi Kimia, Neraca Massa dan Energi, keempat subjek tersebut merupakan core dari Teknik Kimia. Selain itu ada subjek yang memang dibutuhkan sebagai seorang Process Engineer (pekerjaan utama lulusan Teknik Kimia) yaitu Pengendalian Proses. Untuk ingin tahu lebih lanjut masalah Pengendalian Proses silahkan kunjungi http://perdalpro.com/
Salah satu subjek yang menarik adalah Proses Perindahan ataupun biasa disebut sebagai Transport Phenomena yang merupakan subjek inti dan paling "seru" dalam Teknik Kimia. Pada subjek ini terdapat tiga sub materi utama yakni, transport momentum, transport massa, dan transport energi. salah satu Transport momentum berisi pemahaman tentang bagaimana tinjauan mikro dan makro pada fluida bergerak seperti air bergerak pada pipa. Disini bisa kita temukan bagaimana profil kecepatan, laju alir volumetrik fluida tersebut.Transport panas atau transport energi berisi pemahaman bagaimana profil suhu, pergerakan panas dari sistem satu ke lain, contohnya seperti pada boiler, pendingin dan pemanas. Sedangkan transport massa adalah mengenai pembelajaran fenomena transfer massa dari molekul satu ke lainnya, biasanya digambarkan dari perbedaan konsentrasi zat satu dengan yang lainnya, contohnya pada menara penyerap (absorber), kolom distilasi dan alat pengering (dryer). Tujuan utama dengan mempelajari Proses Perpindahan adalah agar kita mampu menyelesaikan masalah fenomena fisik menggunakan prinsip transfer momentum, massa dan panas.


Komentar

Postingan Populer