Jumlah Tekanan Parsial dan Tekanan Jenuh Pada Satu Temperatur

 “ ada berapa jumlah tekanan parsial suatu zat pada satu suhu?”
“ada berapa jumlah tekanan uap suatu zat pada satu suhu?”

Sering sekali kita banyak bingung dengan banyaknya jenis tekanan ada tekanan total, tekanan parsial dan ada lagi yang dinamakan dengan tekanan uap (saturated temperature). Bahkan, saya baru mengerti jenis fisik dan perbedaan salah satu property termodinamika ini pada akhir masa kuliah. Padahal pemahaman konsep property termodinamika ini adalah dasar kunci dalam troubleshooting masalah-masalah  teknik kimia.

Tekanan Parsial
Dalam sebuah campuran gas, Tekanan Total (Ptotal) pada campuran gas tersebut adalah jumlah total dari tiap Tekanan Parsial (Pparsial). Pemilik dari Tekanan Parsial itu adalah tiap komponen gas dari campuran tersebut. Contoh gampang adalah pada larutan gula. Larutan gula terdiri dari Air murni (H2O) dan juga Gula. Air (H2O) memiliki tekanan sendiri, begitu pula dengan Gula memiliki tekanan sendiri, tekan masing-masing komponen dari larutan gula itu yang dinamakan Tekanan Parsial. Jumlah tekanan dari Gula dan Tekanan dari air ini. Besarnya tekanan parsial ini berbanding lurus dengan jumlah mol zat ini pada mol  total campuran gas, bisa dituliskan dalam persamaan :

Pparsial = xi . Ptotal
Dimana xi adalah fraksi mol komponen.

Dari persamaan tersebut bisa kita dapatkan informasi bahwa tekanan parsial tidak memiliki hubungan langsung dengan suhu tetapi dengan jumlah mol zat pada campuran. Sehingga dalam satu suhu aka nada banyak tekanan parsial bergantung pada fraksi mol zat tersebut pada campuran.

 Tekanan Jenuh (Saturated Pressure (Psat))
Disefinisikan sebagai tekanan parsial maksimum yang dapat diberikan oleh uap zatnya pada temperatur tertentu dalam campuran fasa cair dan uapnya. Pemahaman konsep tekanan jenuh ini akan mengantarkan kita pada pemahaman fase suatu zat, apabila zat memiliki tekanan yang melebihi tekanan jenuhnya maka dia akan memiliki fasa uap, sedangkan zat bertekanan dibawah tekanan jenuhnya akan memiliki fasa cair. Cara mencari tekanan jenuh dirumuskan oleh Antoine sebagai berikut :


Dimana A,B,C,D,E dan F dinamakan konstanta Antoine yang bernilai berbeda untuk tiap zat.

Dari persamaan tersebut jelas terlihat adanya hubungan antara Tekanan jenuh dengan Temperatur, hal ini menunjukkan bahwa untuk tiap Tekanan Jenuh hanya dimiliki oleh satu temperatur.



Jadi saat ada pertanyaan berapa jumlah tekanan parsial pada satu temperature jawabannya adalah banyak tergantung pada kuantitas zat tersebut pada campuran, sedangkan Tekanan Jenuh hanya ada satu pada satu temperature tertentu.

Komentar

Postingan Populer